Destinasi Wisata Menarik di Nusa Tenggara Timur

16 Feb

11 Hal Seru Ini Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke NTT

 

Eksotisme alam yang ada #DiIndonesiaAja memang tak pernah mengecewakan. Deretan bukit elok hingga hamparan pasir putih dengan keindahan pantai yang aduhai, menjadi segelintir daya tarik yang ditawarkan. Salah satu destinasi kelas dunia yang seperti itu, bisa ditemukan di Nusa Tenggara Timur, nih!.

Ada banyak hal seru yang bisa Sobat Pesona rasakan saat berada di provinsi yang terdiri dari gugusan pulau ini. Semua lengkap dan dijamin bikin betah, hingga nggak bisa berpaling!. Sambil menunggu situasi kembali normal, jangan lupa patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak selalu.

1 | Kunjungi habitat asli kadal terbesar di dunia yang ada di Taman Nasional Komodo ini, yuk!

Seekor komodo yang berada di Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo menjadi tujuan utama yang pantang dilewatkan saat berkunjung ke NTT. Ya, salah satu taman nasional tertua di Indonesia ini menjadi rumah bagi kadal terbesar di dunia, komodo, yang kini keberadaannya mulai langka. Menurut data Taman Nasional Komodo tahun 2018, terdapat 2.800 lebih komodo yang berada di kawasan taman nasional ini. Selain komodo, Sobat Pesona juga bisa melihat kakatua kecil jambul kuning (Cacatua sulphurea), ular biru(Trimeresurus albolabris), kuda Liar (Equus ferus), hingga pari manta raksasa (Manta birostris).

2 | Telusuri keindahan bawah laut Pulau Alor yang selalu menghipnotis para turis

keindahan bawah laut di pulau alor

Sobat Pesona tahu nggak nih, Pulau Alor merupakan salah satu perairan di Indonesia yang punya keindahan taman bawah laut terkaya, lho! Ini adalah definisi surga bagi pencinta snorkeling dan diving, karena berbagai ikan konsumsi hingga ikan karang hias yang cantik nan menggemaskan hidup di sini. Ditambah lagi air lautnya yang sebening kaca, jadi nggak perlu bersusah payah untuk bisa mendapat pengalaman menyelam terbaik, yang cuma bisa Sobat Pesona rasakan #DiIndonesiaAja ini!

3 | Mau menginap dan tinggal di kapal pinisi? Sea Safari Cruises bisa jadi solusi!

Menikmati sensasi tinggal di kapal pinisi di NTT

Mencicipi kemewahan dengan menginap di kapal pinisi pasti bakal jadi momen yang tak terlupakan. Di NTT, Sobat Pesona bisa merasakan momen langka itu dengan Sea Safari Cruises, nih. Kapal pinisi ini menyediakan rute perjalanan ke Pulau Komodo, Labuan Bajo, Flores dan Lombok. Menikmati sejuknya angin malam dan menyambut pagi dengan suasana laut yang damai, dijamin bikin Sobat Pesona betah dan nggak mau pulang, nih!

4 | Jelajahi paket lengkap nan eksotis di Pulau Padar, Rinca dan Kanawa

Pemandangan eksotis di Pulau Padar, NTT

Melancong ke NTT nggak lengkap rasanya tanpa mengelilingi pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya, seperti Pulau Padar, Pulau Rinca dan Pulau Kanawa. Tiga pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo ini, menyuguhkan pengalaman berbeda yang menakjubkan. Sebut saja Pulau Padar yang siap memberi lanskap Taman Nasional Komodo yang instagrammable, Pulau Rinca yang menjadi tempat favorit komodo bersantai dan Pulau Kanawa yang paling cocok jadi spot snorkeling di perairan dangkal dengan keindahan yang bikin takjub!

5 | Momen berjemur sambil main air di Pantai Merah ini pantang dilewatkan

Seorang turis hendak snorkeling di Pantai Merah, NTT

Pink Beach atau yang akrab disapa Pantai Merah oleh warga lokal ini, juga destinasi lain yang wajib masuk daftar kunjunganmu, Sobat Pesona. Keindahan pasir pantai merah muda yang bercampur air laut jernih warna biru toska, siap memanjakan mata dan pikiran selama liburan. Berenang santai di tepi pantai, snorkeling, atau sekadar berjemur, semua bisa dilakukan di salah satu pantai kebanggaan yang ada #DiIndonesiaAja ini.

6 | Taklukkan Bukit Gili Lawa dan nikmati pemandangan alamnya yang sempurna!

Potret keindahan puncak Gili Lawa yang memesona

Eksotisme pulau tak berpenghuni ini layak disebut sebagai keindahan yang hakiki. Pasalnya, Gili Lawa merupakan salah satu spot ikonik dengan latar perairan seperti selat yang diapit oleh dua pulau. Menikmati matahari terbenam dari ketinggian bukit yang ada di Gili Lawa ini, menjadi salah satu momen yang paling instagenic yang ada di NTT. Namun, untuk menuju ke sini Sobat Pesona harus melalui jalur trekking yang cukup curam. Jadi, siapkan stamina dan bekal air minum yang cukup sebelum mendaki, ya!

7 | Lelah berpetualang? Segarkan pikiran di Air Terjun Oenesu aja!

Kesegaran Air Terjun Oenesu di Nusa Tenggara Timur

Jika sudah lelah berpetualang di antara banyaknya pulau, Sobat Pesona bisa memilih Air Terjun Oenesu sebagai tempat melepas penat. Air terjun yang terdiri dari bebatuan dengan empat tingkat ini, memiliki pemandangan yang asri dengan pepohonan rimbun dan aliran air yang sangat segar. Lokasinya berada di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang. Suasana sejuknya, dijamin bikin rileks tubuh dan pikiran!

8 | Mengintip keindahan danau tiga warna di Taman Nasional Kelimutu

Keindahan danau tiga warna di Taman Nasional Kelimutu

Selain Taman Nasional Komodo, NTT juga masih punya Taman Nasional lainnya, yaitu Taman Nasional Kelimutu. Bukan hewan langka, namun Taman Nasional ini memiliki danau tiga warna yang bisa berubah setiap waktunya. Masyarakat lokal percaya bahwa danau ini merupakan tempat bersemayam jiwa atau arwah orang yang sudah meninggal.  Menikmati matahari terbit dan bersantai sambil menunggu senja, jadi dua pilihan terbaik mengabadikan momen di Taman Nasional yang ketiga danaunya kerap berwarna biru, merah dan hijau tersebut.

9 | Jauh dari hiruk pikuk kota, rasakan damainya kehidupan lokal di Desa Wae Rebo

Suasana asri di Desa Wae Rebo di NTT

Perjalanan menuju Desa Wae Rebo membutuhkan waktu yang cukup panjang, karena itu Sobat Pesona perlu mempersiapkan kondisi kesehatan yang fit, nih. Desa Wae Rebo berada di Kampung Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai. Perjalanan bisa dimulai dari Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai menuju Desa Denge. Dari Desa Denge, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 2-3 jam menuju Wae Rebo, tergantung cuaca. Namun, semua perjuangan itu akan terbayarkan dengan indahnya desa adat yang mendapat predikat Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada 2021 itu. Desa yang terdiri dari tujuh rumah adat bernama Mbaru Niang ini terletak di dataran tinggi, sehingga udaranya sangat sejuk lengkap dengan lanskap pegunungan serta pepohonan hijau nan asri.

10 | Menjajal tarian tradisional tarian Ndundu Ndake yang pernah mencetak rekor MURI

Image result for Ndundu Ndake

Tarian ndundu ndake adalah tarian khas NTT yang biasanya diperagakan dalam penyambutan tamu-tamu terhormat dan pesta-pesta besar. Tarian ini memiliki makna sebagai bentuk kehangatan dari tuan rumah kepada tamu yang berkunjung. Secara harfiah, tarian ndundu ndake juga memiliki arti perempuan yang menari, namun karena perkembangan zaman kini tarian ini pun melibatkan laki-laki dan memodifikasi beberapa gerakan. Uniknya lagi, tarian ndundu ndake pernah mencetak rekor MURI pada 2012 dengan jumlah total 1.000 penari yang terlibat dan juga menarikan tarian rangkuk alu serta tarian caci di lapangan upacara Labuan Bajo.

11 | Mau liburan berfaedah? Belajar cara membuat kain tenun ikat di Desa Sikka aja!

Kain tenun ikat khas NTT, Desa Sikka

Tak hanya kaya akan pesona alam, NTT juga kaya akan budaya dan kerajinan tangan yang sarat makna, salah satunya adalah kain tenun ikat. Jika Sobat Pesona ingin berburu oleh-oleh atau sekadar mencari pengalaman baru belajar membuat kain tenun ikat, kunjungi Desa Sikka. Desa ini adalah rumah bagi pengrajin lokal yang sudah terkenal akan keindahan kain tenun ikatnya. Proses pembuatannya masih sangat tradisional, sehingga menciptakan pengalaman unik yang sangat berkesan.

Sumber : www.indonesia.travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *