AlamIndonesiaKuliner

Inilah Pesona Pariwisata dan Kuliner di Boyolali

Pesona Pariwisata dan Kuliner di Boyolali
46Views

Boyolali merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Terletak sekitar 25 km sebelah Barat Kota Surakarta menjadikan Boyolali sebagai salah satu tujuan yang patut untuk dijadikan destinasi wisata para wisatawan yang ingin menikmati keindahan kota tersebut. Meski bukan merupakan kota terkenal dan besar. Kota ini cocok untuk dijadikan tempat berlibur dan merefreshpikiran.

Boyolali, sebuah kota yang saat ini sedang berkembang pesat, dengan pembangunan pusat pemerintahan dan wisata baru yang cukup menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke kota tersebut. Pembangunan fasilitas – fasilitas di perkotaan, menjadikan kota ini menjelma menjadi layaknya kota besar dan menawan.  Tak heran jika antusiasmemasyarakat begitu besar terhadap kota ini.

Memiliki ikon sapi, menjadikan Boyolali dijuluki sebagai Kota Sapi. Bahkan, ikon tersebut dijadikan sebagai seragam siswa di sejumlah sekolah. Baru-baru ini pemerintah Kota Boyolali menghabiskan biaya untuk membangun sebuah gedung sapi raksasa yang diletakkan di pusat pemerintahan kota. Alhasil, banyak wisatawan dan penduduk lokal yang berkunjung untuk berselfie ria atau sekedar melihat gedung sapi raksasa yang hanya ada satu-satunya di Kota Boyolali. Menyusul dengan pembangunan gedung sapi raksasa, pemerintah kota Boyolali kembali membangun jagung raksasa yang dijadikan sebagai simbol Hari Pangan Sedunia (HPS).

Bergeser ke pesona alam Boyolali. Boyolali dikelilingi dengan banyak wisata alam yang patut dikunjungi ketika bertandang ke kota tersebut. Beberapa wisata alam yang patut dikunjungi, sebagai berikut:

  • Umbul Tlatar

Terletak di Dukuh Tlatar, Desa Kebonbimo, Boyolali. Merupakan wisata yang menyediakan berbagai fasilitas, diantaranya: pemancingan, pemandian, kuliner, dsb…

  • Gunung Merapi dan Gunung Merbabu

Terletak di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Merupakan wisata alam dan pendakian yang digemari para pendaki dari wilayah manapun.

  • Air Terjun Kedung Kayang

Terletak di antara dua gunung yaitu Merapi dan Merbabu. Menyediakan pemandangan air terjun yang begitu indah.

  • Gardu Pandang Suroteleng

Terletak di Desa Suroteleng, Kecamatan Selo, Boyolali. Menyajikan keindahan pemandangan gunung Merapi dan Merbabu dari atas gardu pandang.

  • Gancik Hill Top

Terletak di Dusun Selo Nduwur, Boyolali. Menyajikan view gunung merapi.

Setelah membahas wilayah, ikon, dan wisata. Satu hal yang tidak pernah lepas dari manusia, yaitu kuliner. Sama halnya dengan kota-kota lain di Indonesia. Boyolali juga memiliki kuliner khas yang kerap kali dicari oleh wisatawan luar kota.

  • Bebek Goreng Pak Pinggir

Terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan, Boyolali. Menyajikan sensasi bebek goreng yang empuk dengan bumbu meresap.

  • Soto Mbok Giyem

Terletak di Jl. Pandanaran, Boyolali. Menyajikan Soto segar dengan aroma rempah-rempah yang kuat.

  • Sego Tumpang

Terletak di Jl. Tentara Pelajar, Boyolali. Menyajikan makanan dengan bahan dasar tempe busuk yang ditumbuk bersama dengan bumbu rempah, dengan dibungkus menggunakan daun, dan di kukus.

  • Jenang Pecel

Terletak di Jl. Garuda samping Pasar Sunggingan. Menyajikan pecel dengan bumbu yang berbeda dengan pecel pada umumnya. Bumbu yang digunakan adalah bubur atau jenang sumsum dan dicampur oleh sayuran.

  • Tahu Susu

Terletak di Jl. Pandanaran, Boyolali. Menyajikan sensasi rasa tahu yang dibuat dari bahan dasar susu sapi.

Tentu bukan hanya wisata dan kuliner saja yang dimiliki oleh kota Boyolali, masih banyak wisata dan kuliner lainnya yang tersimpan di salah satu kota di Jawa Tengah tersebut.Bagaimana, cukup menarik bukan? Siapkan waktu luang dan budget untuk berkunjung ketika liburan tiba. Selamat berkunjung ke Kota Boyolali dan rasakan sensasinya.

Leave a Reply