AlamIndonesia

Pulau Biawak, Komodo Mini di Utara Jawa

Pulau Biawak Komodo Mini di Utara Jawa
20Views

Nama komodo tentu sudah tidak asing di telinga anda bukan, namun pernahkah anda mendengar nama biawak? Atau pulau biawak? Sepertinya belum banyak orang yang tahu. Meski pun termasuk dalam keluarga yang sama, namun dari segi ukuran kedua hewan buas ini amat berbeda.

Sebetulnya, nama asli dari pulau biawak adalah pulau rakit. Namun karena banyaknya biawak yang menghuni pulau itu maka warga sekitar menyebutnya dengan pulau biawak. Secara administratif pulau ini merupakan wilayah otoritas dari kabupaten Indramayu propinsi Jawa Barat.

Akses menuju Pulau Biawak

Secara umum cukup mudah untuk menjangkau pulau ini, diantaranya sebagai berikut:

  • Menggunakan bus dari Timur pulau Jawa

Bagi anda yang berasal dari luar kota Indramayu yakni bagian timur pulau jawa, carilah bus dengan jurusan Jakarta. Sebagian besar bus jurusan ini akan melewati kabupaten Indramayu, namun anda tetap harus memastikan bus yang hendak anda naiki itu benar-benar melewati kabupaten Indramayu atau tidak.

  • Menggunakan bus dari Barat pulau Jawa

Sedangkan bagi anda yang berasal dari bagian barat Jawa, carilah bus jurusan cirebon. Anda memang masih harus mencari kendaraan lain selepas turun dari cirebon menuju Indramayu.

  • Menggunakan Kereta Api

Meski berstatus sebagai stasiun kelas 1, namun cukup banyak jurusan kereta api yang melewati stasiun Jati barang dan stasiun Haurgeulis. Kedua stasiun kereta ini berada di Indramayu dan merupakan dua stasiun terdekat menuju pelabuhan terdekat ke pulau biawak.

Setelah anda sampai di Indramayu baik menggunakan bus maupun menggunakan kereta, anda masih harus menempuh perjalanan menuju pelabuhan tempat dimana disediakan kapan fery menuju pulau wisata Indramayu itu. Jika dari terminal bus, gunakan angkot 04 terlebih dahulu kemudian disambung dengan angkot 05. Sedangkan jika dari stasiun kereta, gunakan mini bus yang biasa disebut “elp” disana untuk mengantarkan anda ke kota terlebih dahulu, baru kemudian menggunakan angkot 04 dan 05 juga.

Setibanya di pelabuhan, carilah informasi jadwal keberangkatan rutin ke pulau biawak. Atau jika anda memiliki dana lebih, anda bisa menyewa kapal sendiri sehingga bisa lebih bebas menentukan kapan kapal berangkat.

Selama perjalanan anda akan disuguhi pemandangan laut yang biru dan bersih, terutama ketika jarak anda dengan bibir pantai sudah cukup jauh. Karena panta-pantai di Indramayu umumnya kotor dan bau karena aktivitas nelayan disana. Namun hal sebaliknya akan anda temui ketika telah menapakkan kaki di pantai pulau rakit atau pulau biawak, tidak banyaknya aktivitas manusia di sana  membuat kondisi alamnya masih sangat terjaga.

Anda harus ekstra hati-hati ketika bertemu dengan biawak di sana, sifatnya yang masih liar memungkinkan terjadi hal-hal yang tidak anda inginkan. Tidak jarang wisatawan yang dikejar biawak karena kurang hati-hati dan mengabaikan himbauan dari pendamping wisata mereka.

Leave a Reply