Tempat Wisata Di Jawa Timur Yang Belum Terkenal

Tempat Wisata Di Jawa Timur Yang Belum Terkenal

Pariwisata.info – Bagi Kamu yang sedang ingin merayakan liburan di daerah Jawa Timur, dibawah ini adalah beberapa tempat wisata di Jawa Timur yang belum terkenal yang bisa kamu kunjungi:

1. Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit
Pantai Gondo Mayit

Pantai yang satu ini terletak di Blitar, tepatnya di desa Tambak Rejo. Meskipun tempat ini mungkin sangat jarang terdengar di telinga kalian, pantai ini merupakan salah satu pantai yang indah di Jawa Timur loh. Memang sih pantai ini tidak seindah pantai-pantai di Bali, Raja Ampat, ataupun pantai-pantai di Kepulauan Seribu, akan tetapi pantai pasir putih ini memiliki daya tariknya tersendiri dalam rupa lautan yang tidak berkarang (sehingga aman bagi kalian untuk berenang tanpa perlu takut menabrak karang).
Satu-satunya hal yang harus diperhatikan saat berenang atau bermain di pantai ini adalah ombaknya. Ombak di pantai ini terkenal sangat berbahaya karena tingkat kederasannya yang cukup tinggi. Ditambah lagi nama pantai ini memiliki arti nama ‘bau mayat’.

2. Air terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura
Air terjun Madakaripura

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun di Probolinggo ini, ada harga yang harus dibayar. Harga tersebut muncul dalam rupa trek sepanjang 2 kilometer, sehingga tempat ini mungkin sudah kehilangan pesonanya bagi mereka yang tidak senang ketika mereka harus berjalan jauh. Akan tetapi, mereka yang telah membayar harga tersebut dapat menikmati pemandangan yang diberikan oleh air terjun setinggi 200 meter ini. Air terjun ini konon katanya merupakan tempat Patih Gajah Mada bermeditasi, sehingga air terjun ini memiliki nilai historis juga.
Jika kalian memutuskan untuk menyusuri tempat ini, jangan lupa untuk berhati-hati karena jalur trekking yang harus dilalui cukup licin. Bawalah sandal atau sepatu yang anti licin dan usahakan jangan melakukan trekking ini sendirian.

3. Taman nasional Meru Betiri

Taman nasional Meru Betiri
Taman nasional Meru Betiri

Satu tempat menarik lainnya terletak di perbatasan Jember dan Banyuwangi, dan tempat tersebut adalah taman nasional Meru Betiri. Seperti namanya, tempat ini merupakan suatu taman besar yang berisi banyak binatang-binatang eksotis. Binatang-binatang yang dapat kalian temui adalah kera ekor panjang, penyu, ajag (sejenis anjing hutan asli Indonesia), serta landak. Pecinta serangga pun dapat menemukan kumbang hitam dab berbagai jenis serangga lain di taman nasional ini. Pecinta tanaman juga tidak ketinggalan karena terdapat berbagai jenis tanaman langka seperti Raflesia Zollingeriana dan Balanophora Fungosa.
Jika anda tidak tertarik dengan semua yang telah disebutkan diatas, ada satu hal lain yang mungkin bisa menarik jiwa petualang anda: topografi. Di dalam taman ini terdapat banyak bukit dan gunung yang tentunya sangat menarik untuk dijelajahi. Taman ini juga memiliki pantai-pantai yang sangat amat tersembunyi, menunggu untuk dijelajahi oleh anda.

4. Pantai Jonggring Saloko

Pantai Jonggring Saloko
Pantai Jonggring Saloko

Pantai yang terletak di daerah Malang ini memang tidak cocok untuk dijadikan tempat berenang karena banyaknya karang tajam yang berbahaya, tetapi jika kalian hanya datang ke pantai untuk melihat-lihat saja, kalian akan dihibur oleh putihnya pasir, jernihnya air laut, serta batu karang yang menjadi tontonan tersendiri. Pantai ini terletak cukup jauh dari kota Malang (sekitar 70 kilometer) dan merupakan salah satu pantai yang amat jarang dikunjungi karena letaknya yang sangat terisolasi.
Jika kalian ingin menikmati putihnya pasir pantai ini, kalian harussiap berkendara selama beberapa jam. Jalan yang harus kalian lalui pun terjal dan berkelok-kelok, sehingga kaliana membutuhkan supir yang handal jika kalian ingin mencapai pantai ini dalam waktu yang singkat.

5. Pantai Rowo Indah

Pantai Rowo Indah
Pantai Rowo Indah

Atau lebih dikenal dengan nama panggungnya pantai Gua Cina. Pantai Rowo Indah merupakan pantai yang bisa dikatakan unik karena satu hal: pertemuan gelombang air laut dari arah barat, selatan, dan timur. Ketika ketiga ombak ini bertabrakan satu sama lain, tabrakan tersebut akan menghasilkan suatu bunyi yang tentunya akan sangat unik dan tidak dapat ditemukan di tempat lain.
Pantai ini dinamakan pantai Gua Cina karena dulu terdapat pertapa Cina yang bermeditasi di gua tersebut. Sebelum meninggalkan pantai tersebut, sang pertapa meninggalkan goresan-goresan hanzi Mandarin. Berhubung banyak orang yang tidak mengerti apa arti tulisan tersebut, orang-orang pada akhirnya memberi nama pantai tersebut pantai Gua Cina.

6. Pantai Klayar

Pantai Klayar
Pantai Klayar

Jika kalian sedang berada di daerah Pacitan dan kalian ingin berjalan-jalan di pantai, maka pantai Klayar bisa jadi tempat wisata yang bagus untuk kalian. Sebagai salah satu tempat di Pacitan yang memiliki potensi wisata yang sangat tinggi, pantai pasir putih ini tentunya memiliki daya tariknya tersendiri bagi pecinta pantai. Berbeda dengan pantai-pantai terkenal lainnya, air laut di Pantai Klayar termasuk amatlah jernih dan aman jika kalian ingin berenang. Pantai ini juga memiliki seruling lautnya sendiri dalam rupa karang besar yang terdapat di ujung pantai. Ketika ombak mengenai karang besar ini, seruling laut tersebut akan menghasilkan bunyi unik yang tidak dapat kalian temukan dimana-mana.

7. Pulau Bawean

Pulau Bawean
Pulau Bawean

Pulau ini terdapat di daerah Gresik, dan di dalam pulau ini terdapat pula berbagai jenis hiburan yang bisa kalian dapatkan. Jika kalian ingin merasakan asyiknya berenang di dalam danau, kalian bisa berkunjung ke danau Kastoba dan berenang disana. Jika kalian ingin menikmati hamparan karang yang berbentuk sedemikian indahnya, kalian bisa berkunjung ke Tanjung Gaang. Kalian juga bisa menemukan rusa unik yang hanya tinggal di pulau ini. Ikan-ikan yang ada juga tidak kalah beragam.
Hal yang mungkin bisa membatalkan niat kalian dalam berkunjung ke pulau ini adalah jarak tempuhnya. Karena pulau ini jauhnya sekitar 120 kilometer dari Gresik, kalian harus menumpangi sebuah kapal untuk mencapainya. Waktu tempuhnya kira-kira tiga jam jika kalian menyewa kapal cepat dan 8 jam jika kalian menyewa kapal biasa.

8. Blue Bay atau Teluk Biru

Blue Bay atau Teluk Biru
Blue Bay atau Teluk Biru

Orang-orang pasti mengenal teluk hijau di Banyuwangi, akan tetapi Banyuwangi memiliki satu teluk lagi yang tidak dikenal oleh banyak orang. Teluk tersebut adalah Teluk Biru, dan teluk tersebut memang sangat tidak terkenal. Jika kalian bertanya-tanya kepada orang Banyuwangi, belum tentu orang-orang tersebut dapat menuntun kalian ke tempat wisata yang menarik ini. Teluk ini terkenal karena pemandangan dalam lautnya yang nan indah dan tiada duanya. Bila suatu saat kalian ingin berkunjung kesini, sebutkan nama Selanggrong karena nama tersebut terdengar lebih familiar di telinga warga sekitar dibandingkan nama teluk biru.
Untuk mencapai tempat ini butuh perjuangan yang lumayan keras. Ada dua jalur yang bisa kalian ambil. Di jalur pertama, kalian harus melakukan trekking sepanjang 1 jam dari pantai Rajegwesi. Jika kalian ingin kesana lebih cepat, kalian bisa menyewa kapal dan menghadapi ombak besar selama 15 menit.

9. Pulau Gili Iyang

Pulau Gili Iyang
Pulau Gili Iyang

Pulau yang satu ini berada di daerah Madura. Memang pulau ini sangat amat jarang terdengar di telinga orang-orang, akan tetapi pulau ini dianggap sebagai salah satu tempat tersehat di dunia karena tingginya kadar oksigen (tepat dibawah Yordania). Warga sekitar daerah ini mampu mencapai usia ratusan karena hal tersebut. Meskipun tempat ini tidak memiliki gunung ataupun perbukitan, udara di pulau ini amatlah segar, dan jika kalian mulai merasa suntuk dengan udara kota yang melelahkan, kalian akan menyukai tempat ini. Terdapat dua gua yang menarik untuk dikunjungi, yaitu gua Air dan gya Syafirah.
Satu hal menarik lainnya adalah fakta bahwa pemerintah hanya mengelola tiga tempat resmi di pulau ini, sehingga masih banyak tempat wisata lain yang mungkin belum terjelajahi di pulau ini. Surganya petualang, bukan?

10. Gili Labak

Gili Labak
Gili Labak

Madura memang terkenal karena banyaknya pulau-pulau indah yang bisa dikunjungi, dan pulau ini merupakan satu dari banyak pulau tersebut. Pulau yang amat sangat kecil ini memiliki pantai pasir putih yang amat sangat indah bagi pandangan. Hamparan karang yang dimiliki pun tidak kalah indahnya, dan ombak-ombak yang ada tidak terlalu berbahaya. Para perenang laut akan mengapresiasi tempat ini, dan para penyelam akan sangat menikmati pemandangan dalam laut pulau ini.
Jika kalian berencana mengunjungi tempat ini dan kalian akan melakukan penyelaman atau apapun yang berkaitan dengan bawah laut, bawalah peralatan menyelam kalian sendiri karena pulau ini aslinya memang bukan pulau wisata.

11. Air terjun Tancak

Air terjun Tancak
Air terjun Tancak

Satu air terjun lain di Jawa Timur yang bisa kalian kunjungi adalah air terjun Tancak. Air terjun ini terletak di daerah Jember, dan merupakan tempat yang sangat cocok jika kalian ingin mengeluarkan jiwa petualang kalian. Untuk menempuh air terjun ini, kalian harus berjalan sekitar dua kilometre dan kalian harus menyeberangi sungai yang alirannya ‘bisa’ deras. Terdapat beberapa kasus dimana orang-orang kehilangan arah karena minimnya pengetahuan tentang tempat ini, jadi amat sangat disarankan jika kalian menyewa jasa pemandu untuk mencapai tempat ini. Pemandu kalian tentunya akan membawa kalian melalui jalur yang paling aman dan jauh dari bahaya setempat.

12. Bukit Jamur

Bukit Jamur
Bukit Jamur

Bukit jamur merupakan suatu tempat dimana jamur-jamur raksasa mewarnai tempat tersebut. Akan tetapi, kalian tidak akan menemukan jamur sungguhan disana, melainkan ‘jamur-jamur’ yang terbuat dari tanah. Ya, bukit jamur dinamakan bukit jamur bukan karena terdapat jamur raksasa, melainkan bukit-bukit yang menyerupai jamur raksasa. Dulunya, bukit jamur merupakan tempat menggali kapur yang sangat menghasilkan, akan tetapi para penambang mulai meninggalkan tempat tersebut karena berkurangnya stok kapur disana. Peninggalan para penambang, ditambah alam yang mengukir bukit-bukit tersebut sedemikian rupa, menghasilkan fenomena yang sekarang ada hingga saat ini.

13. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo

Pantai yang terletak di desa Widoro ini memiliki nama yang menarik untuk diterjemahkan. ‘Banyu’ sendiri berarti air dan ‘tibo’ berarti jatuh. Jika diterjemahkan secara langsung, namanya akan menjadi pantai air jatuh. Kenapa pantai ini dinamakan sedemikian rupa?
Hal itu terjadi karena adanya fenomena unik yang mungkin hanya dapat ditemukan di pantai ini. Berbeda dengan pantai pada umumnya, pantai Banyu Tibo tidak dapat dikatakan sebagai ‘pantai’ karena daerah pantai yang berpasirnya amatlah kecil. Yang membuat pantai ini layak dikunjungi adalah fenomena air terjun yang jauh ke pantai dari tebing sekitar. Entah bagaimana fenomena ini terbentuk, fenomena ini jelas menjadi satu hal yang mengundang wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.
Akan tetapi, jika air laut pasang, jangan harap kalian bisa menyaksikan fenomena ini ya. Ketika pasang, laut akan mencapai tebing, menutupi seluruh dataran pantai.

14. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih
Bukit Jaddih

Bukit Jaddih terletak di daerah Bangkalan dan merupakan salah satu dari banyak bekas galian kapur di Jawa Timur. Yang membuat tempat ini menarik untuk dikunjungi adalah konturnya yang dijamin akan menyita perhatian setiap orang-orang yang berkunjung kesana. Terdapat pula suatu telaga kecil yang memiliki air berwarna biru terang yang lagi-lagi akan menarik perhatian setiap orang yang ingin atau sedang berkunjung kesana. Untuk kalian yang sudah lelah di telaganya, kalian bisa mengunjungi satu dari beberapa ‘gua’ kapur yang sangat menawan.

15. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan
Pulau Tabuhan

Ada beberapa hal yang membuat Pulau Tabuhan masuk ke dalam artikel ini. Pertama, pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang tiada duanya. Jika kalian ingin mencari pemandangan bawah laut yang sangat menawan, kalian bisa menyelam di dekat pantai pula ini. Kedua, pulau ini sangatlah kecil dan sangat terpencil. Karena letaknya yang dekat dengan Bali, orang-orang lebih memilih untuk berkunjung ke Bali daripada pulau ini, akan tetapi bukan berarti pulau ini tidak kalah menariknya dari Bali ya. Memang pulau ini tidak memiliki fasilitas yang lengkap seperti Bali, akan tetapi mereka yang mengapresiasi keindahaan alam tentunya akan lebih memilih tempat ini dibandingkan Bali.

16. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang
Pantai Kedung Tumpang

Pantai ini memiliki sifat yang sama dengan pantai Banyu Tibo beberapa poin sebelumnya. Kita tidak dapat menyebut tempat ini sebagai pantai karena keunikannya, akan tetapi tempat ini berbatasan langsung dengan laut, sehingga tempat ini dapat diklasifikasikan sebagai pantai.
Berbeda dengan pantai lain, pantai Kedung Tumpang tidak memiliki dataran pasir yang biasa disebut pantai. Jika kalian mengharapkan pasir putih yang halus, kalian akan dikecewakan oleh pantai ini karena pantai ini tidak menyediakannya. Hal yang disediakan pantai ini merupakan suatu hal lain yang berbeda, yaitu kumpulan kolam-kolam kecil yang berwarna hijau. Kalian tidak akan menemukan pasir disini, melainkan banyak kolam-kolam yang aman untuk dijadikan tempat mandi oleh banyak orang.

17. Teluk Kletekan

Teluk Kletekan
Teluk Kletekan

Malang, selain terkenal karena gunungnya, juga merupakan tuan rumah dari teluk Kletekan, suatu teluk hijau yang cukup dangkal. Air di teluk Kletekan sangatlah tenang, sehingga kalian tidak perlu takut ombak akan menyapu ketika kalian berenang di sana. Mereka yang menyukai snorkelling akan menyukai tempat ini dengan amat sangat.
Bila kalian berniat mengunjungi tempat ini, bawalah kendaran roda dua seperti sepeda atau sepeda motor karena mereka yang menggunakan mobil akan sangat kesulitan.

18. Bukit tinggi Daramista

Bukit tinggi Daramista
Bukit tinggi Daramista

Daramista merupakan suatu bukit yang sangat layak dikunjungi karena pemandangannya sangat ciamik. Banyak aktivitas yang bisa kalian lakukan disini, mulai dari aktivitas yang sangat simple seperti berfoto di dekat bukit hingga aktivitas yang sangat memicu adrenalin. Kalian bisa mengunjungi tempat ini di malam hari ataupun di siang hari, akan tetapi lebih baik kalian datang kesini ketika malam tiba.

19. Bukit Larangan Panceng

Bukit Larangan Panceng
Bukit Larangan Panceng

Di bukit yang terletak di daerah Gresik ini, kalian dapat melihat dua jenis pemandangan yang sangat ‘bertentangan’. Di satu sisi kalian dapat melihat garis pantai di kejauhan dan di sisi lain kalian dapat melihat kumpulan bukit-bukit kapur. Tentunya pemandangan yang tidak akan kalian temukan di tempat lain.

20. Bukit kolam

Bukit kolam
Bukit kolam

Bukit-bukit ini cukup menarik untuk dijelajahi karena terdapat berbukit-bukit kolam buatan. Tempat ini tergolong baru, sehingga banyak orang yang belum mengerti tentang keberadaannya. Akan tetapi, jika kalian ingin merasakan berenang di bukit, kalian bisa berkunjung kesini. Seraya berenang, kalian bisa menyaksikan keindahan Sumenep juga.
Itu adalah sedikit dari beberapa tempat wisata di Jawa Timur yang bisa kalian kunjungi saat musim liburan tiba.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of